0
Home  ›  Game  ›  Informasi

Penyebab System MatchMaking Rank Di Mobile Legend Mengecewakan

Jika kamu memainkan game moba (Multiplayer Battle Online Arena) seperti Mobile Legend misalnya, tentunya kamu pasti sering sekali bertemu dengan player-player yang entah dari mana mereka berada dan bermain bersama dalam satu lane.
Sumber: youtube.com
Nah jadi sebelum kita membahas tentang system matchmaking dalam mobile legend, bagi kamu yang tidak tau tugas-tugas yang berada didalam game ini, maka tentunya kamu setidaknya harus mengerti terlebh dahulu beberapa tugas yang ada, jadi akan kubahas sedikit mengenai role yang ada didalam game yang satu ini.

Nah didalam dunia moba, terbagi menjadi 5 role, role pertama di isi oleh hero penembak yang mana tugas mereka berada di gold lane, role kedua di isi oleh hero petarung yang mana tugas mereka menjaga exp lane, role yang ketiga di isi oleh hero jungle atau sering disebut dengan hyper (karena aktif melakukan rotasi bergerak dari lane atas sampai lane bawah) yang mana tugas mereka ialah menaikan gold tim dan exp yang mereka miliki serta membantu salah satu tim yang kesulitan pada lane yang mereka jaga, lalu yang ke empat ada role Penyihir atau sering disebut dengan Mage, yang mana tugas dari hero penyihir ini berada di middle lane (mid lane), dan yang terakhir ialah role yang di isi oleh hero pembantu "roam" (tank maupun support), yang mana tugas dari hero roam ini berada di Gold lane membantu hero penembak.

Nah lane-lane tersebut sudah di setting sedemikian rupa oleh developer dari game tersebut agar karakter yang dipilih berdasarkan rolenya harus melindungi turret (pilar pelindung lane) dari serangan minion dan musuh.

Akan tetapi tentunya setiap permainan yang serius terkadang di isi oleh orang-orang yang tidak serius alias tidak berkompeten didalam bidang role yang ia mainkan, efeknya permainan yang harusnya terus menerus berkembang sehingga dapat menang malah harus terhenti karena teman yang se-tim dengan kita melakuan hal yang ceroboh dan membuat tim menjadi kalah.

Jadi kembali lagi, itu tentunya tidak lepas dari system matchmaking dari game Mobile Legend ini sendiri, dan penyebab dari system matchmaking mobile legend yang begitu mengecewakannya akan kita bahas bersama dibawah ini, nah jadi tanpa basa - basi langsung saja kita bahas penyebab kenapa itu bisa terjadi.

1. Banyaknya Penjoki


Jasa joki terkadang marak digandrungi oleh orang-orang yang memang pintar dan berkompeten dalam memainkan game mobile legend, bayangkan saja beberapa jasa joki bahkan rela memainkan game mobile legend pada akun klien yang awalnya masih berada di rak master menjadi Mytic.

Tentu saja ini sangat amat membuat system matchmaking dalam mobile legend berubah-ubah, bisa dibayangkan jika seorang penjoki sedang menjoki akun pembelinya, ketika akun tersebut telah berada pada level Mytic misalnya dan si pembeli mendapatkan kembali akunnya lantas apa yang akan terjadi ?

Tentu saja si pembeli akan membuat system rank yang sehat khususnya di rank Mytic menjadi tidak sehat dan hancur, kenapa bisa seperti itu ? itu karena skill yang dimiliki oleh si pembeli tidak sesuai dengan rank yang ia miliki sekarang pada akunnya.

System Matchmaking akan melihat skill dari akun miliknya, lalu system tersebut akan mengumpulkannya dengan akun-akun pro lainnya yang memang memiliki akun tersebut secara murni dan sangat amat berkompeten didalam game tersebut, nah bayangkan saja ketika hanya dia seorang yang menjadi beban didalam tim tersebut, tidak tau lane mana yang harus ia lindungi dan tidak peka terhadap teman satu timnya, tentu saja permainan akan menjadi gameover tidak lama kemudian.

Itu akan berlangsung lama hingga ia turun rank menjadi Epic bahkan master kembali jika ia tidak mempelajari skill yang harus ia dapatkan untuk tidak menjadi beban dalam rank tersebut.

Nah jadi itu kenapa jasa penjoki sangat amat riskan sekali menghancurkan system rank dalam game, karena memainkan akun tersebut bukanlah orang yang sesuai skillnya dengan rank yang dimiliki, akan tetapi jauh diatas skill yang seharusnya pada rank tersebut.

2. Banyaknya Pemain Smurf


Ini juga menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika kamu bertemu dengan pemain smurf, pemain smurf itu merupakan seorang pemain yang sudah memiliki akun besar (entah sudah berada di rank legend atau mytic), lalu memainkan ulang kembali dengan akun baru yang masih kecil, tentu saja perbedaan power terlihat jelas.

Sekarang kamu bisa pikirkan jika akun smurf tersebut bermain di mode rank, oke jika akun tersebut menjadi team up denganmu, bagaimana jika kamu yang masih belum bisa menguasai satu heropun harus berhadapan dengan akun smurf yang  bahkan sudah mahir dalam bermain ? tentu saja sangat menjengkelkan sekali bukan ?

Oke jika kamu dapat mengalahkannya, akan tetapi bagaimana jika akun smurf tersebut mengincar temanmu yang lain yang bahkan belum mampu mereka lawan ? ya tentu saja kekalahan pasti akan menanti.

Efeknya bukan hanya kekalahan saja, sekarang bayangkan jika player smurf lebih dari 100 dan aktif, lantas apa yang terjadi ? ya tentu saja akan menjadi gelombang adaptasi besar-besaran dan menyebabkan player yang harusnya berada pada ranknya menjadi stress karena mereka sadar bahwa mereka tidak akan mampu melewatinya akibat perbedaan skill yang signifikan, itu kenapa ini juga berefek terjadinya dark system secara besar-besaran didalam game itu sendiri.

3. Fitur Matchmaking Yang Fast Random


Apa artinya Fast Random ? Fast Random merupakan istilah yang aku buat untuk memberitahu bahwa system matchmaking akan mencari random player secara cepat, itu kenapa ketika kamu melakukan pencarian pemain pada saat bermain di mode Rank, pencarian pemain serta lawan itu relatif lebih cepat ketimbang game mmorpg sekelas lost saga, itu karena system matchmaking moonton ini disamping mencari sesuai skill yang dimiliki berdasarkan akun, system ini juga mencari player yang sedang online saat itu juga dan sedang mencari kawan dan lawan juga.

Jadi bisa dikatakan jika tidak ada user dengan skill yang sama denganmu entah dijadikan teman atau lawan, tentu system matchmaking ini akan mencari user yang setidaknya masih "online" dan sedang melakukan pencarian player pada saat itu juga, itu kenapa terkadang kamu tidak pernah mendapatkan tim maupun musuh yang "Seimbang", setidaknya salah satu temanmu atau salah dua dari temanmu akan menjadi beban untukmu.

Itu juga bisa berasal dari kasus system matchmaking yang sedikit bermasalah ini, jadi jangan heran pada proses matchmaking atau pencarian teman maupun musuh tidak pernah sekalipun menghabiskan waktu lebih dari 3/5 menit, pasti paling lama 1 menit.

Penutup


Nah mungkin itu saja beberapa penyebab yang kutahu, memang tidak begitu banyak alasan kenapa system matchmaking seperti itu, akan tetapi yang jelas system matchmaking ini bukanlah salah satu penyebab utamanya, melainkan dari pribadi sang player itu sendiri.

Selama sang player menggunakan fitur joki atau membuat akun smurf dan memainkan akun baru pada mode rank, maka bisa dipastikan kalau hal tersebut dapat memicu terjadinya matchmaking yang berbeda.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS