0
Home  ›  Hantu  ›  Hape  ›  Informasi

Mengapa Hape/Kamera Jadul Saja Yang Bisa Merekam Penampakan Hantu Sementara Kamera Modern Tidak Bisa ?

Smartphone/kamera jadul adalah smartphone/kamera yang biasanya memiliki teknologi yang sudah tua dan terbatas, namun tentu saja smartphone/kamera jadul sangat revolusioner di zamannya, nah, meskipun smartphone/kamera ini jadul tentu saja kedua alat teknologi tersebut bisa dan mampu merekam penampakan sosok hantu.
Sumber: bukalapak.com
Nah, mengapa hal itu bisa terjadi ? Mengapa ponsel atau kamera modern tidak bisa menangkapnya ? Nah mungkin alasan-alasan di bawah ini adalah alasan mengapa hanya ponsel/kamera jadul yang bisa menangkap penampakan hantu tersebut, nah apa saja? Mari kita bahas bersama :

1. Memiliki Kualitas Sensor yang Rendah


Selain ponsel atau kamera jadul yang desainnya biasa saja, sebenarnya kebanyakan ponsel atau kamera jadul memiliki sensor yang rendah, nah sensor yang rendah ini biasanya akan sangat sulit untuk menangkap yang namanya gambar.

Efeknya adalah gambar terlihat sedikit buram, namun ada keuntungannya, gambar kemungkinan akan menangkap beberapa bayangan yang jelas dan terlihat, dan sebagian besar bayangan yang ditangkap adalah hasil dari sensor yang sudah usang dan tua.

Nah bayangan ini biasanya diambil dengan bantuan cahaya (karena semua jenis handphone yang memiliki kamera atau kamera dslr dan sejenisnya memang menggunakan cara yang satu ini untuk membuat gambar, hanya saja tidak sejelas dan sejelek kamera atau handphone jadul), sehingga bisa dibilang kita bisa melihat penampakan hantu dari sensor kamera yang kualitasnya memang sudah jadul.

2. Melalui Kesalahan Dari Video


Hal ini bisa dilakukan ketika kamu mengambil video menggunakan ponsel atau kamera jadul, biasanya kebanyakan ponsel atau kamera jadul masih memiliki kualitas gambar yang kurang baik, bisa dibilang tidak begitu bagus.

Dan biasanya setiap video yang direkam akan terlihat beberapa glitch atau pixelated pada video yang direkam, nah setiap sisi objek yang rusak pasti akan terlihat seperti pixel (pixel adalah titik kecil dari sebuah gambar, semakin banyak pixel maka semakin tajam gambar tersebut, dan semakin sedikit pixel maka semakin kecil pula kualitas gambarnya).

Nah ketika kamu perhatikan dengan seksama setiap objek yang bergerak, objek tersebut akan disertai dengan titik-titik yang membentuk kotak-kotak yang membuatnya terlihat seperti video tersebut rusak, nah perhatikan dengan seksama, itu adalah pixel dan kualitas video tersebut pasti sangat rendah.

Dan jika kamu perhatikan, ketika ada benda mati lalu bergerak tanpa dibuat-buat, maka akan terlihat seperti pixel yang rusak di sekelilingnya, dan pixel yang rusak itu adalah tanda bahwa “itu” adalah makhluk halus, bukan editan dan tidak sengaja terekam.

3. Kontras Warna yang Tidak Serasi


Jika kalian perhatikan lagi, setiap handphone/kamera jadul memiliki kontras warna yang tidak sama, terkadang latar belakang dibelakangnya sangat terang, terkadang bagian depannya sangat gelap dan sebaliknya.

Nah hal ini terjadi karena 2 faktor, yang pertama karena sensor kamera/ponsel jadul yang memang jadul, dan yang kedua karena faktor lingkungan dimana kamera/ponsel tersebut dipakai untuk merekam.

Meskipun memiliki kelemahan, nyatanya faktor kontras warna yang kurang ini juga bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi para youtuber yang berkecimpung di dunia supranatural/paranormal karena kontras warna yang kurang ini bisa dijadikan patokan bukti untuk menangkap sebuah penampakan hantu.

Nah penampakan yang biasanya terekam adalah seperti bayangan hitam bahkan lebih hitam dari bayangan tersebut, kemudian ada penampakan seperti sosok, entah itu badan penuh atau setengah kepala yang terlihat, nah biasanya penampakan tersebut akan kita lihat ketika kontras warna dari video yang terekam melalui kamera/handphone jadul tersebut diputar, semisal yang tadinya terlalu gelap kemudian dibuat terang dan terlihat.

Penutup


Mungkin karena itulah mengapa hanya ponsel atau kamera jadul saja yang dapat merekam penampakan sedangkan ponsel atau kamera modern tidak bisa, namun faktanya tidak hanya ponsel atau kamera jadul saja yang bisa, tetapi ponsel atau kamera modern pun juga dapat merekamnya.

Hanya saja kedua teknologi perekam video versi modern tersebut harus melakukan tahap editing video terlebih dahulu agar dapat melihat penampakan dari video yang direkam, seperti mencerahkan saturasi warna, melihat setiap video dengan cara memotongnya menjadi kecil lalu memperbesar rekaman tertentu untuk mendapatkan penampakan dan sejenisnya.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS