0
Home  ›  Informasi  ›  Kesehatan

Cara Menghilangkan Ketersinggungan Dalam Diri

Pada setiap manusia ketika manusia tersebut mulai merasa tidak nyaman dan aman dengan apa yang dilakukan/diucapkan orang terhadap bagian dari jati dirinya.

Contohnya, ketika orang yang menyukai anime tertentu kemudian dia kesal karena anime yang ia sukai tersebut dihujat oleh beberapa orang, nah dia akan mulai tersinggung.
Sumber: freepik.com/author/wayhomestudio
Nah jika kita pikirkan kembali, hal ini memang diluar batas kodrat manusia, karena rasa tersinggung itu bisa ada karena manusia telah melekatkan diri pada suatu identitas yang mereka yakini baik/benar/dan membuat mereka nyaman walaupun sebagian dari itu pada akhirnya bukan merupakan bagian dari keluarga mereka.

Lalu bagaimana caranya menghilangkan perasaan tersinggung tersebut ? Sebenarnya caranya mudah namun sulit dalam penerapannya, nah apa saja kah itu ? mari kita bahas bersama di bawah ini :

1. Berdamai Dengan Egomu


Berdamai dengan ego dapat membuat rasa ketersinggungan sedikit berkurang dari sebelumnya, hal itu dikarenakan penerapan Damai dengan diri sendiri biasanya menekan dan memaksa diri sendiri untuk tidak memberikan komentar/pernyataan kebencian kembali kepada orang yang mungkin awalnya mengejekmu.

Nah dengan menerapkan hal tersebut, diharapkan rasa ketersinggungan tersebut dapat diminimalisir semaksimal mungkin saat sedang melakukan browsing di internet.

2. Berhenti Menggunakan Media Sosial


Media sosial seperti Instagram/Facebook/Tiktok/Youtube/Twitter/Prisga bisa dan mampu membuat kekesalan kamu semakin menjadi-jadi.

Hal itu dikarenakan ada postingan/konten yang bisa dan mampu membuat kamu menjadi tersinggung, seperti netizen yang mengejek orang yang mungkin sangat berjasa untuk kamu, padahal kamu tidak memiliki hubungan darah dengan orang tersebut, namun ketika orang tersebut direndahkan maka kamu akan merasa tersinggung dan berusaha membela mati-matian dengan cara menghujat balik si pengejek.

Nah dengan menerapkan system berhenti menggunakan social media minimal sebulan, tentu dapat meminimalisir dampak yang kamu timbulkan seperti sering berkomentar yang tidak-tidak, 
tidak mudah tersinggung dan sebagainya.

3. Menghapus Semua Identitas Yang Dimiliki


Hapus semua identitasmu yg mungkin masih melekat pada dirimu, entah itu kewarganegaraanmu, kepercayaanmu terhadap agama, teori konspirasi, keberadaan Alien, keberadaan hantu dan sejenisnya dari dalam hidupmu.

Hilangkan semua yang ada di dalam dirimu, nah maksud dari menghilangkan identitas di dalam diri ini adalah, kamu tidak perlu dan harus menyimpannya di dalam pikiran dan hatimu begitu lama, jadi biarkan identitas-identitas tersebut tidak saling berhubungan satu sama lain.

Nah dengan begitu tentu saja ketika identitasmu diejek dan dijatuhkan maka kamu tidak akan termakan oleh rasa  ketersinggungan tersebut, bahkan kamu bisa saja mendoakan mereka yang baik-baik.

Penutup


Nah mungkin itu saja 3 cara menghilangkan rasa ketersinggungan dalam dirimu, memang benar rasa ketersinggungan itu tidak akan bisa lepas.

Selama kamu masih meyakini pernyataan yang kmau yakini itu benar dan kamu masih memiliki identitas yang kamu kenakan, maka rasa kesal akan terus ada dan terus muncul, tentu disini kamu hanya bisa sedikit "mengurangi" hal tersebut.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS