0
Home  ›  Hape  ›  Informasi

4 Alasan Mengapa Layar Hape Milikmu Main-Main (Ghost Touch)

Ghost Touch adalah sebuah definisi dari layar handphone yang bergerak dengan sendirinya, bisa dibilang ketika layar handphone tidak tersentuh oleh tangan atau jari manusia, layar tersebut tetap bergerak dan bermain dengan sendirinya seakan-akan ada yang men-tapnya.
Sumber: shopee.com
Nah penyebab dari ghost touch ini bermacam-macam, salah satu kasus yang paling sering terjadi adalah, membeli lcd palsu, kenapa membeli lcd palsu bisa membuat layar hape terkena ghost touch? nah itu karena lcd palsu tidak memberikan perlindungan pada komponen-komponennya ketika di-charge pada posisi tegangan listrik yang signifikan dan terus menerus, jadi semakin lama di-charge atau digunakan dan mesinnya semakin panas, maka komponen-komponen yang ada di lcd tersebut menjadi rusak dan mampu mengincar layar sentuh.

Maka dari itu banyak sekali orang yang menggunakan lcd palsu dan berakhir dengan ghost touch, nah begitu juga ada beberapa penyebab lain kenapa hape bisa terserang penyakit ghost touch ini, nah apa saja kah itu ? mari kita simak baik-baik penjelasannya di bawah ini :

1. Menggunakan Pengisi Daya Abal-Abal


Charger palsu atau charger abal-abal adalah charger yang dibuat secara sederhana tanpa memperhitungkan berapa watt yang masuk ke dalam charger dan berapa watt yang keluar untuk mengisi isi hape, nah charger ini juga tidak memiliki sistem proteksi di dalamnya sehingga sangat rawan merusak baik charger maupun hape itu sendiri.

Nah ketika charger palsu ini selalu digunakan, maka biasanya komponen pertama yang akan terkena dampaknya adalah flexible lcd, flexible lcd akan terganggu karena sebagian flexible rusak dan tidak mampu menghantarkan efek sentuhan pada mainboard.

Efeknya adalah gerakan atau sentuhan akan bermain-main dengan sendirinya, nah pada tahap ini hape sudah mulai memasuki tahap ghost touch, dan karena itulah penggunaan korek api gas yang mengandung korek api listrik yang low static mampu membuat hape ghost touch menjadi normal kembali meski tidak lama.

2. Ponsel Sering Terhimpit oleh Tubuh


Jika kamu selalu membawa ponsel saat tidur, maka perhatikan baik-baik letak ponsel milikmu, karena bisa saja kamu tertidur sambil scrolling tiktok atau menonton, efeknya kamu tidak sengaja menindih ponsel yang kamu miliki di kasur.

Nah efek tumpang tindih ini nyatanya sangat berpengaruh pada LCD pada ponsel, jika ponsel tersebut memiliki LCD sidik jari di bawah layar maka kemungkinan terkena penyakit ghost touch lebih besar, namun beberapa LCD selain itu jarang terkena efek ghost touch karena efek tumpang tindih ini.

3. Komponen IC Layar Sentuh Rusak


Nah komponen ini bisa kamu dapatkan tepat di bagian layar atau screen, nah jadi di balik layar lcd tepatnya di bawah dekat fleksibel, kamu akan melihat beberapa material ic yang terkumpul, nah salah satunya adalah ic layar sentuh, nah kemungkinan besar ic layar sentuh tersebut sudah rusak.

Efeknya adalah ketika tidak ada yang memainkannya, layar malah bergerak sendiri tanpa henti.

4. Mainboard Rusak


Nah ketika menggunakan charger palsu terlalu lama, maka kemungkinan besar mainboard juga ikut rusak, efek dari kerusakan mainboard ini adalah adanya ghost touch dan beberapa bagian dari board tersebut gosong.

Namun biasanya yang akan rusak justru flexible plug-nya, jadi meskipun kamu mengganti lcd dengan versi original, efek ghost touch akan selalu ada karena flexible plug yang menghubungkan lcd ke mainboard rusak.

Penutup


Nah mungkin itu saja 4 penyebab kenapa hape bisa bergerak sendiri, sebenarnya ada banyak sekali faktor kenapa hape tersebut bisa bergerak sendiri, salah satunya yang mungkin tidak aku sebutkan ialah, jatuhnya hape kedalam air sehingga mempengaruhi mainboard maupun flexible lcd itu sendiri, sekian dari aku, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS