0
Home  ›  Informasi

Inilah 3 Manfaat Membaca/Menonton/Mendengarkan Berita Dari Berbagai Platform

Berita merupakan sebuah sumber informasi teraktual atau bisa dikatakan informasi yang baru saja diambil seperti sebuah kejadian yang sedang berlangsung dan waktu pengambilan tersebut tidak lama. 

Nah sebenarnya apa manfaat aalberita - berita tersebut dibagikan ke khalayak umum ? apakah ada sebuah keuntungan kah bagi orang yang membagikannya?
Sumber: youtube.com/@OfficialiNews
Tentu saja ada, karena berita merupakan suatu informasi yang menyangkut masa sekarang jadi pasti ada manfaatnya,  nah jadi pada kesempatan kali ini aku akan memberikan 3 rangkuman poin utama mengapa berita menjadi sebuah informasi yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, nah apa saja kah itu ? mari kita bahas bersama dibawah ini :

1. Sebagai Pengingat 


Terkadang manusia bisa khilaf, jika tidak ada berita yang beredar maka manusia tidak akan mengetahui dan peduli terhadap apa yang mereka lakukan.

Contoh kecilnya ketika orang tua yang sedang sibuk dengan pekerjaannya memasak/mencuci dan membiarkan anaknya yang masih belia bermain diluar sendiri ketika hujan

Karena sang ibu melihat anaknya sedang asyik bermain diluar tentu saja ia tidak memperhatikannya, nah tepat saat setelahnya sang anak tiba-tiba menghilang entah kemana di hari yang begitu deras, ketika sang ibu telah selesai memasak dan menyadari sang anak masih berada diteras maka ia mulai menghampirinya.

Ia terkejut karena sang anak tidak ada ditempat dimana ia bermain tadi, kemudian sang ibu mencari-cari kemana sang anak tersebut berada, nah disinilah sang ibu yang panik kemudian melapor polisi, pihak polisi kemudian segera membantu menyusuri tepat dimana letak anak tersebut berada.

Karena sudah beberapa jam dicari masih belum ketemu akhirnya pencarian dilakukan ke-esokan harinya, setelah hujan reda, sungai-sungai didepan rumahnya mulai surut, tiba-tiba sang anak ditemukan sudah tidak bernyawa.

Sang anak ditemukan tepat dibawah gorong-gorong sungai 100 meter dari rumahnya oleh warga disekitar, sang ibu yang melihat jasad anaknya kemudian histeris dan tidak kuasa menahan tangis.

Nah dari penjelasanku diatas, adanya sebuah informasi berita dapat membuat orang tua-orang tua lainnya yang masih sulit sadar dan sedikit lalai dalam menjaga anak akan tetapi tidak sampai meninggalkannya terlalu lama akhirnya tersadar dan peduli dan lebih meningkatkan kewaspadaannya.

Memang pada akhirnya manusia akan benar-benar belajar ketika mereka sudah melihat bukti akan sesuatu yang telah terjadi. 

2. Mengetahui Kejadian Sebenarnya


Ini benar, berita merupakan suatu sumber informasi paling teraktual yang bisa dipercaya karena menyajikan sebuah kejadian-kejadian yang sebenar-benarnya dari sebuah kejadian ataupun insiden, misalnya seperti peperangan yang terjadi akhir-akhir ini, tentu kita yang berada diluar daerah mereka bisa menjadi tahu dan concern (peduli) terhadap hal tersebut.

Karena ketahuan kita akan peperangan tersebut yang membuat banyak korban berjatuhan maka manusia-manusia yang berada diluar benua tersebut akan bersatu dan membuat sebuah komunitas lebih besar untuk menghentikan tindakan-tindakan yang tidak di-inginkan tersebut, sebisa mungkin untuk melakukan gencatan senjata ataupun perdamaian.

3. Menambah Informasi Serta Wawasan


Pernahkah ketika kamu terlalu sering membaca berita kamu malah menjadi berwawasan cukup luas ? misalnya anggap saja ada sebuah berita tentang penemuan-penemuan hewan yang langka dan belum terdata spesiesnya, berita tentang penemuan-penemuan kerangka makhluk purba maupun kerangka hewan jaman kuno/pra-sejarah serta berita tentang penemuan-penemuan benda-benda 1500 SM keatas.

Tentu saja kamu sampai bisa bertanya-tanya dan memiliki opini/sudut pandangmu mengenai semua itu bukan ? ketika opini/sudut pandangmu terasa buntu maka kamu akan mulai mencari ilmu - ilmu tersebut di internet dan mencari beberapa buku/jurnal yang sekiranya kamu dapatkan.

Kemudian kamu pelajari sehingga kamu mendapatkan sebuah wawasan yang luas tentang hal tersebut, nah dari adanya berita itu kamu menjadi seseorang yang gemar membaca dan melihat informasi yang terkandung banyak sekali ilmu didalamnya, membuat kamu menjadi orang yang sangat berwawasan luas.

Penutup


Nah mungkin itu saja beberapa manfaat membaca/menonton serta mendengarkan berita dari berbagai platform, sebenarnya berita-berita tersebut sampai kapanpun akan terus ada, selama teknologi berupa televisi/internet/hape/komputer/radio masih ada dan tersebar diseluruh penjuru dunia maka berita tersebut akan terus ada.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS