0
Home  ›  Informasi  ›  Turis  ›  Wisata

3 Ide Destinasi Wisata Murah Yang Bisa Dibuat Di Daerahmu

Tempat wisata adalah tempat dimana di dalamnya terdapat sebuah pemandangan atau objek otentik yang tidak akan pernah terlihat dan sama dimanapun kamu berada, terkadang tempat wisata juga menyediakan area bersantai baik itu seperti taman, kolam pemandian/sungai, hamparan padang rumput yang luas di mana kebanyakan orang pergi bersama keluarga/kerabat/sahabat bahkan pacar, jadi bisa dibilang tempat wisata adalah salah satu bagian dari sebuah tempat rekreasi bersama.
Source: freepik.com/author/tawatchai07
Lalu apakah tempat wisata tersebut bisa dibuat ? tentu saja bisa dan nyatanya sebagian tempat-tempat wisata tersebut benar-benar sengaja dibuat guys, tempat-tempat tersebut tidak serta merta “ada”, ya memang akan ada tempat wisata alami akan tetapi tempat tersebut awalnya dibuat oleh seseorang entah untuk dijadikan apa pada awalnya, kemudian ditinggalkan dan pada akhirnya tempat tersebut menjadi sebuah ikonik karena ada sesuatu di sana yang menarik minat orang untuk melihatnya.

Misalnya seperti tempat wisata tembok permen karet Verona Italia, penginapan gorong-gorong di Austria, taman jinja Karangasem Bali dan lain sebagainya, dimana tempat wisata tersebut memberikan sebuah pengalaman unik didalamnya.

Dan tentu saja ini merupakan potensi yang menarik ketika orang membutuhkan tempat wisata yang anti mainstream yang memang memiliki kelebihan dari mereka berada di sana.

Nah mungkin pada kesempatan kali ini aku akan memberikan 3 ide tempat wisata yang mungkin bisa kamu tiru dan bisa kamu terapkan di daerahmu, agar daerahmu dan bukan hanya daerah kamu saja akan tetapi kamu sendiri bisa menghasilkan pemasukan dari wisata di tempat tersebut, nah apa saja kah itu ? mari kita bahas bersama di bawah ini.

1. Membuat Kapsul Waktu Kaleng


Apakah kamu semua pernah melihat kapsul waktu ? Mungkin belum, baiklah akan aku jelaskan sedikit apa itu kapsul waktu, jadi kapsul waktu itu merupakan sebuah benda yang berisi kenangan dari masa sekarang (benda apa saja yang berupa tulisan, buku, gambar, dan benda-benda lain yang berharga bagimu) lalu kamu masukkan kedalam kaleng dan kamu kubur di dalam tanah atau kamu hanyutkan ke laut.

Kemudian kamu berharap suatu hari nanti baik dirimu sendiri di masa tua atau orang lain di masa depan dapat menemukan apa yang telah kamu buat tersebut.

Lalu bagaimana caranya ? untuk membuat tempat wisata jenis ini ? nah jadi aku mungkin akan memberikan sedikit inside tahap-tahap pembuatannya.

Langkah pertama adalah, carilah lahan kosong milik desa yang sudah kamu dan pihak desa sepakati atau memang lahan kosong milikmu yang kamu buka untuk umum.

Kemudian buatlah sebuah tempat yang unik dan menarik pada lahan kosong tersebut, bisa berupa hutan mini atau tumpukan batu.

Kemudian setelah itu cor pipa besi 6/7 dengan ketebalan 2 inchi, setelah itu belah sisi atas dan sisi tengah pipa besi dan masukkan pipa besi 1 inchi dengan cara dibengkokkan meliuk-liuk, setelah itu las pipa besi tersebut dan buatlah kaki-kakinya agar tidak jatuh.
Ini merupakan hambar ilustrasi tempat wisata kapsul waktu dari kaleng
Buatlah seperti tiang jemuran dari besi, hanya saja dikhususkan untuk menggantung kapsul waktu dari kaleng
Sekarang buatlah tempat penyimpanan kecil dari kaleng tersebut, lalu beri gembok, disini kunci kaleng dan kunci gembok tersebut pada pipa besi yang melingkar berukuran 1 inchi.

Sekarang kamu telah memiliki tempat wisata kapsul waktu kaleng, jadi kamu hanya perlu mempromosikan tempat wisata milikmu kepada masyarakat lokal maupun mancanegara bahwa di daerahmu terdapat kapsul kaleng yang suatu saat bisa dibuka dan diambil kenangan indahnya.

2. Membuat Monumen Batu yang Dipahat atau Dicor


Kamu bisa membuat sebuah tugu batu yang kamu tata sedemikian rupa pada lahan kosong, bentuklah agar tepat dan bisa memunculkan kesan artistik di dalamnya, nah jika kamu belum memiliki kesan tersebut, kamu bisa membuat cetakan dari pahatan yang sudah kamu buat.

Nah jika sudah maka letakkanlah di lokasi lahan kosong yang sudah kamu beri rumput zoysia matrella di atas tanahnya, sekarang aturlah tugu tersebut dengan lebih baik dan buatlah kolam ikan di sekelilingnya atau tangga, agar orang bisa menikmati dari atas tempat tersebut.

3. Menciptakan Tempat Wisata Ruang Telepon


Nah kamu bisa membuat tempat wisata ini di kaki gunung tepatnya di padang rumput, jika kamu memang memiliki lahan di kaki gunung atau desa adat memiliki lahan di kaki gunung, maka buatlah wisata bilik telepon sebanyak 8 buah dengan posisi yang berbeda.
Nah maka orang-orang akan mulai pergi ke tempat itu hanya untuk berfoto selfie, kamu juga bisa mengatur tempat telepon di tengah-tengah bangunan yang telah dibuat di atas hamparan padang rumput yang luas, seakan-akan tempat telepon itu berteleportasi ke tempat itu.

Penutup


Nah bagaimana ? apakah kamu tertarik untuk membuat tempat wisata sendiri ? jika iya maka tentu saja kamu bisa membuat orang-orang di sekitarmu dapat terbantu, terutama orang-orang yang memang ingin berdagang, dengan begitu pendapatan mereka pasti akan bertambah karena maraknya orang yang datang ke tempat wisata tersebut.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS