0
Home  ›  Informasi  ›  smartphone  ›  Tutorial

Cara Mengetahui Dan Memperbaiki Hape Yang Layarnya Bergerak Sendiri Atau Terkena Ghost Touch TERBARU!!!

Ghost Touch merupakan sebuah penyakit dimana layar pada smartphone/hape mulai bergerak sendiri secara otomatis tanpa di tap/pencet, penyakit pada smartphone/hape ini bisa terjadi ketika gadget milik kita setidaknya pernah melakukan update firmware android ke versi yang lebih baru, akan tetapi pada saat proses pemasangan update menjadi gagal sehingga beberapa data firmware tidak bisa diproses/dijalankan dengan baik oleh mesin.


Akan tetapi beberapa masalah ghost touch ini juga berasal dari hardware maupun mesin dari smartphone/hape itu sendiri, entah tidak sengaja menindihnya teralu lama, pernah tenggelam kedasar air dan sejenisnya, pernah terjatuh, panas yang berlebih dan sebagainya.

Nah mungkin pada kesempatan kali ini, aku akan memberikan bagaimana cara mengetahui dan memperbaiki hape yang terkena ghost touch tersebut, nah tanpa basa-basi langsung saja kita ke topik pembahasannya :

Layar Yang Rusak


Biasanya Layar/lcd yang rusak rentan sekali terkena ghost touch, jika layar lcd pecah dan display ikut hancur, Seperti ada garis pada screen, ada tompel pada screen, dan juga jika kamu tidak pernah memainkan smartphone yang kamu gunakan dikala lcd tersebut rusak/ membiarkannya mati selama berhari-hari, atu akan berpotensi terkena Ghost Touch.

Jadi disarankan cobalah untuk membeli lcd/touchscreen yang baru pada smartphone/hape milikmu.

Membeli LCD + Touchsreen KW 


Membeli LCD + Touchsreen yang lebih murah memang dapat/sangat berguna dikala kita ingin memperbaiki smartphone/hape tanpa mempunyai cukup uang yang banyak untuk membeli yang original, tapi ketahuilah hal itu akan berdampak dengan adanya Ghost Touch, ya memang tidak sekarang ,besok ataupun dua bulan bahkan setahun, Ghost touch tersebut biasanya akan terjadi jika lcd KW digunakan dan tiba tiba rusak, nah disaat itulah Ghost touch mulai muncul meksi kamu mengganti LCDnya dengan versi original LCD, itu kemungkin Ghost Touch sudah menjalar ke hardware yang lebih dalam.

Gunakan Charger Original Pada Smartphone yang digunakan


Mungkin kamu tidak mengetahui, awal mula adanya Ghost Touch tersebut berasal dari charger yang digunakan, dimana semakin sering kamu menggunakan charger kw  maka semakin terlihat lcd mulai rusak.

Maka Ghost Touch tersebut akan muncul, disini aku tidak mengatakan menggunakan charger kw dari merk yang tidak sesuai dengan hape/smartphone yang digunakan akan merusak secara penuh hape itu sendiri, selama charger kw tersebut memiliki voltase yang sesuai dengan charger original dan type proteksi tegangan arus juga sudah tersedia didalamnya, maka itu sah-sah saja dipakai.

Smartphone yang terlalu Panas


Jika smartphone/hapemu dalam keadaan anas dan tiba-tiba ghost touch terjadi akan tetapi berbeda kondisi ketika smartphone/hapemu berada dalam posisi suhu yang normal bahkan dingin dan ghost touch tidak muncul.

Maka itu disebabkan oleh beberapa komponen seperti IC CPU yang bekerja terlalu keras ketika terlalu sering menggunakan hape, disini kamu dapat dengan mudah mengoleskan thermal paste pada IC CPUnya agar suhu dari smartphone/hapemu bisa lebih rendah (dingin).

Tapi terkadang IC CPU juga dapat diganti dengan merk dari smartphone/hape yang sama yang memiliki model IC CPU yang sama juga.

Seri Smartphone Tertentu


Nah pada kasus no 5 ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor juga dari model smartphone yang digunakan, anggap saja merk yang 4 tahun lalu sempat booming di indonesia, yaitu Xiaomi mi 9 se, ya. smartphone/hape tersebut rawan sekali mengalami ghost touch, dan kebanyakan kasus ghost touch berasal kebanyakan dari merk hape yang satu ini.

Kemungkinan karena hardware yang dirancang sangat amar ringkih sekali sehingga rawan terjadinya ghost touch pada seri smartphone/hape tersebut.

****

Nah itulah beberapa kendala yang mana kenapa smartphone dapat Ghost Touch, nah sekarang bagaimana cara memperbaiki masalah ghost touch ini ? cara memperbaikinya tentu saja dengan mencari tau pernyebab pasti kenapa smartphone/hape tersebut bisa terkena penyakit ghost touch atau layarnya yang bergerak sendiri, bisa karena tertindih (terbawa saat tidur), bisa karena hape masuk kedalam air, bisa karena mesin cpu bekerja terlalu keras sehingga exhausting pada casing hape tidak mampu me-netralkan panas yang dihasilkan dan sejenisnya.

Nah jadi dibawah ini aku akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya mengetahui penyebab ghost touch tersebut dan penanganannya, simak baik-baik :

  1. Bukalah LCD/ Touchscreennya terlebih dahulu
  2. Setelah itu periksalah beberapa IC yang ada, salah satunya IC display, IC Touchscreen, dan IC Power.
  3. Sekarang cobalah untuk membuka IC Touchscreen dan ganti dengan yang baru, apakah masih main main ? Jika tidak maka memang IC Touchscreennya saja yang rusak, disini gunakan mouse dengan memasang OTG + USB terlebih dahulu untuk mengecheck setiap aplikasi didalamnya, nah jika ada icon yang mana ketika kamu pencet tiba-tiba menjadi agak redup atau ketika kamu memencetnya membutuhkan dua kali tap untuk masuk dan beberapa icon disekitar berkedip maka cobalah untuk mengganti IC Display nya, akan tetapi ada juga insiden ketika ic touchscreen di lepas tidak main main dan ketika dipasang dengan ic touchscreen baru masih main main, berarti kamu harus membeli lcd baru.
  4. Coba buka IC Charger dan ganti dengan yang baru, terkadang cara remeh seperti mengganti ic charger dapat menyelesaikan masalah yang satu ini.
  5. Coba ganti IC Power, Jika memang kendalanya ada pada IC power maka hal tersebut bisa djelaskan karena ic power yang dulu mengalami beberapa kerusakan dan tidak dapat menyalurkan daya listrik ke ic ic yang lain sehingga ada beberapa ic yang tidak begitu berjalan sebaga mana mestinya.
  6. Di beberapa smartphone/hape pemantik korek gas biasanya digunakan untuk meredakan penyakit ghost touch yang satu ini, jika memang itu bisa meredakan. maka memang komplikasinya sudah sangat parah jadi aku sarankan untuk membeli LCD Original nya.
  7. Jika masih tidak bisa maka coba belilah LCD + Touchcreen Original dari smartphone/hape tersebut, jadi begini, kasus ditindih itu biasanya hanya terkena LCDnya saja dan mungkin ada sedikit jalur yang rusak pada Touchscreen yang menempel tersebut, dan Biasanya IC Touchscreennya sudah menempel pada LCD yang dibeli, jadi langkah no.3 boleh dilakukan boleh tidak, ya itung-itung menekan budget juga jika melakukan langkah no.3 

Nah itulah beberapa informasi mengenai kenapa bisa ada Ghost Touch, sebenarnya masalah Ghost Touch atau layar touchscreen tiba-tiba bergerak sendiri bukan lagi dari Software akan tetapi sudah sampai ke menjalar ke Hardware.

Memang jika pemicu utamanya software dan tiba-tiba beberapa saat muncul ghost touch, mungkin jauh sebelum kamu melakukan otak-atik software, Hardware memang sudah rusak dan menunggu saat yang tepat untuk menunjukan kerusakannya, dan disaat hardware sudah rusak, dan kamu mengotak-atik software/ sekedar update software, itulah awal pemicunya dan penyakit Ghost Touch ini pun muncul.

Untuk mengenai beragam IC yang aku sebutkan diatas, lihat dan perhatikan bahkan check baik-baik ic-ic tersebut, jika bisa dan ada waktu maka bawalah ke tukang service untuk mengecheck setiap ic yang bermasalah pada smartphone/hape milikmu, sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan masalah utama dari penyebab terjadinya Ghost Touch yang satu ini, terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS