0
Home  ›  Tutorial  ›  Website

Tutorial Cara Membagikan Sebuah Folder Berisi Puluhan Files Pada Google Drive


Membagikan files pada google drive memang sangat amat simpel terlebih bagi kamu yang memiliki files dalam jumlah besar tentu saja dalam mengupload pada google drive kamu bisa dengan mudah menyeret seluruh files yang kamu miliki lalu membagikannya satu persatu dengan link yang telah dibuat otomatis oleh pihak google drive.
Sebenarnya cara lainnya bisa kamu gunakan, yaitu dengan membagikan seluruh files tersebut menjadi satu files sehingga user yang mencari files-files tersebut tidak perlu membuka berbagai macam link lagi, cukup 1 link maka pengunjung akan melihat puluhan files yang telah kamu bagikan tersebut.

Nah bagaimanakah tutorialnya? langsung saja ikuti tutorialnya kali dibawah ini :

Tutorial :

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu telah membuat folder pada google drive.
  2. Setelah itu masukan files-files yang ingin kamu bagikan kedalam folder yang telah kamu buat tersebut.
  3. Nah disini letak trik nya, keluar dari dalam folder yang telah kamu buat itu, lalu click kanan folder yang telah kamu buat itu dari luar, lalu disini pilih "Bagikan"
  4. Setelah itu akan muncul kotak tabel, disini click tulisan "Dibatasi" tersebut. maka akan muncul sebuah pilihan lagi, nah click pilihan "Siapa saja yang memiliki link" tersebut.
  5. Disini click tombol "Salin Link" tersebut.
  6. Nah sekarang kamu sudah mendapatkan link dari folder tersebut, disini bukalah notepad atau textbook apapun. nah setelah itu pastekan disana. tujuannya agar link dari folder yang sudah kamu dapatkan pada google drive tersebut tidak hilang.
  7. Nah sekarang bukalah Tinyurl disini.
  8. Fungsi Tinyurl ialah, untuk memendekan link folder google drive yang kamu dapatkan tersebut, jadi agar lebih pendek dan mudah di ingat.
  9. Nah pada halaman awal website TinyURL nya. pastekan link folder yang telah kamu dapatkan pada google drive tersebut ke kotak kolom yang aku tandai kotak warna hijau itu.


  10. Setelah itu click tombol "Make TinyURL!" tersebut.


  11. Tunggu beberapa detik hingga proses pembuatan link pendeknya selesai.
  12. Nah jika sudah maka click tombol "Copy" berwarna hijau tersebut untuk mengkopy url kecil yang telah dibuat.


  13. Disini  pastekan link pendek yang telah kamu copy tersebut ke notepad.

Nah sekarang kamu bisa menggunakan link pendek itu jika ingin membagikannya, jadi siapapun yang ingin kamu bagikan, kamu hanya tinggal mengetik url tinyurl pendek tersebut, dan tentu saja itu lebih simple ketimbang url panjang yang disediakan oleh pihak google drive yang terkesan ribet 
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS