0
Home  ›  Informasi

4 Alasan Tautan / URL Harus Dibuat Pendek Menggunakan Tautan Pendek Seperti Bit.ly Atau TinyURL

Pernahkah kamu melihat sebuah tautan pendek, baik itu dibagikan di deskripsi media sosial atau situs web? Mungkin pernah, terutama jika kamu memiliki url/tautan yang akan kamu masukkan ke dalam bio akun media sosial kamu, tapi pernahkah kamu berpikir mengapa mereka membungkus tautan/url yang panjang menjadi pendek ?


Nah sebenarnya ada beberapa keuntungan ketika kita memperpendek link/url yang panjang, salah satunya adalah kita bisa dengan mudah mengingat link tersebut, ketika kamu menempelkan sebuah url/link yang panjang lalu kamu ingin mengetiknya tentu akan memakan waktu yang cukup lama apalagi ketika setiap hurufnya bercampur aduk menjadi huruf kapital, huruf kecil lalu penambahan angka yang membuat beberapa url tersebut menjadi lebih rumit.

Salah satu saja huruf yang salah maka kamu tidak akan bisa masuk ke website yang dituju tersebut, nah selain alasan tersebut, ada juga beberapa alasan lain mengapa url harus dibuat pendek dengan menggunakan shortlink, nah apa sajakah itu? Mari kita bahas dengan seksama di bawah ini:

1. Menghindari Serangan Siber


Link/url yang tidak dibungkus dengan shortlink akan menampilkan url/tautan asli dan biasanya jika url/tautan asli yang digunakan biasanya beresiko tinggi untuk diretas oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab karena sudah melihat link/url aslinya terlebih dahulu.

Nah misalkan jika sudah dibungkus oleh shortlink seperti bitly atau tinyurl, maka tentu saja link/url tersebut lebih aman karena fitur keamanan yang diberikan oleh kedua perusahaan shortlink besar tersebut membuat link/url tersebut terlindungi oleh cloudflare, fitur keamanan tersebut dapat mengamankan berbagai macam serangan dari para peretas di seluruh dunia yang mungkin saja sedang mencoba atau iseng mengerjai link/url kita.

2. Terlihat Lebih Profesional


Jika kamu melihat para penggiat media sosial terkemuka, tepat di bawah bio mereka akan ada url atau link yang sudah dipendekkan, biasanya itu adalah website-website yang mereka miliki atau semacam halaman donasi, Jika kamu lihat, terlihat bahwa url/tautan tersebut sudah menjadi lebih rapi dan juga pendek, sehingga terkesan lebih profesional karena tidak terlalu banyak url/tautan yang berantakan akibat url/tautan yang terlalu panjang.

3. Melindungi Privasi Kita


Dengan membungkus link/tautan menjadi pendek tentu saja dapat melindungi privasi kita, mengapa tidak, ketika sebuah link/tautan sangat panjang dan berisi informasi, misalnya nama kamu, tentu saja sangat sangat penting untuk disembunyikan bukan?

Jangan sampai hacker mengetahui nama kamu dan mencoba membobol akun Anda atau mengakuisisi website Anda yang telah kamu cantumkan, jadi sebisa mungkin kamu harus menggunakan shortlink ini jika url atau link kamu memiliki privasi yang tertera di dalamnya.

4. Lebih Mudah Digunakan & Diingat


Sama seperti yang aku katakan di awal, lebih mudah diingat karena shortlink hanya perlu mengingat 7 kata unik, ketika 7 kata unik tersebut dapat kamu ingat maka kamu tidak perlu bersusah payah mengetik panjang lebar kode url/link aslinya.

Nah mungkin itulah alasan url/link dibuat pendek dengan menggunakan shortlink seperti bitly atau tinyurl, semoga dengan ini kamu bisa mengerti mengapa sangat penting membungkus url/link dengan menggunakan shortlink.
Posting Komentar
Postingan Lebih Baru
Postingan Terbaru
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS