Tips Mengatasi Masalah Suara Game Pc Rusak/Tidak Terdengar Di Komputer - Putuokane

Tips Mengatasi Masalah Suara Game Pc Rusak/Tidak Terdengar Di Komputer

Game PC merupakan sebuah objek permainan digital yang biasanya dimainkan oleh orang - orang yang memang suka dengan sebuah permainan digital itu sendiri seperti Tetris dan sejenisnya akan tetapi platform yang digunakan tentu melalui PC alias komputer. 


Nah terkadang Ketika kita ingin memainkan game pc tertentu, kita pasti selalu dan sering melihat yang namanya bug atau masalah yang sering ditimbulkan entah itu seperti kekurangan files pendukung, spesifikasi tidak cukup, files rusak akibat virus atau kelalaian dalam tahap downloadfikasi dan sebagainya sehingga menyebabkan game pc yang ingin kita mainkan tidak dapat dijalankan dengan normal. 

Lalu dari banyaknya masalah - masalah tersebut, apakah kamu pernah mengalami salah satu masalah dimana sebuah game pc tertentu yang kamu mainkan tidak bersuara padahal game tersebut berjalan normal tanpa adanya files data dari game tersebut yang rusak ? 

Nah Mengapa Itu Bisa Terjadi ? 


Ternyata usut punya usut sejauh yang aku ketahui, ada beberapa penyebab masalah itu bisa terjadi dan penyebab tersebut akan aku bahas dibawah ini, nah apa sajakah itu ? mari kita bahas bersama :

1. Driver Audio/Game Audio Belum Di Update Ke Versi Terbaru


Driver merupakan sebuah firmware yang harus ada ketika laptop/komputer karena driver itu bisa dikatakan sebuah program yang berfungsi untuk mengaktifkan hardware dari berbagai macam komponen yang telah terpasang pada laptop maupun komputer.

Entah itu komponen keyboard, mouse, screen (layar), baterai, ram, harddisk, system kecerahan, jaringan, dan juga audio/speaker, nah seluruh komponen-komponen tersebut memang sudah tersedia pada laptop/komputer akan tetapi untuk mengaktifkannya dan menggunakan komponen tersebut dengan baik ya tentu saja kamu perlu yang namanya driver untuk mengaktifkan, mengatur proses tersebut.

Nah yang namanya firmware tentu pasti mendapatkan versi lebih terbaru (update) agar program yang dimiliki oleh firmware tersebut dapat setidaknya bekerja pada hardware agar lebih baik, nah jadi tentu saja dengan mengupdate driver audio/game audio tersebut bisa dengan mudah mengatasi masalah suara pada game yang sedang kamu mainkan tersebut bisa didengar kembai.

2. Penggunaan DirectX Versi Yang Lebih Baru


Penggunaan DirectX versi terbaru juga bisa memiliki efek samping dimana game yang tidak mendukung versi DirectX versi terbaru itu tidak tersedia alias game tersebut hanya mendukung DirectX versi lawas misalnya seperti versi 10 maupun versi 11.

Nah jadi saranku ialah, cobalah untuk menginstall DirectX versi 10 maupun versi 11, dengan begitu kamu dapat mencoba kembali game tersebut dan biasanya firmware alias software audio game pasti akan ter-fix atau diperbaiki secara otomatis setelah menginstall DirectX yang sesuai dengan Game Pc tersebut.

3. Pengaturan Shortcut Game Pc Dipaksa Berjalan Pada Versi Windows Paling Baru


Pengaturan shortcut ini terkadang juga dapat mempengaruhi suara pada game pc atau audio game tidak terdengar, yang mungkin harusnya game tersebut memakai pengaturan versi windows 10 malah yang dipakai versi windows 7 untuk dapat membukanya.

Nah jadi jika memang efek ini bisa terjadi pada kamu maka kamu harus mengubahnya kembali pengaturan tersebut dengan cara click kanan shortcut game yang audionya bermasalah, lalu pilih "Properties" setelah itu click menu "Compatibility" tersebut, setelah itu click kotak centang "Run this program in compatibility mode for :" nah jika sudah maka pilih versi windows paling terbaru atau paling kompatibel, setelah itu click tombol "Apply" lalu click tombol "Ok" untuk menyimpan perubahan

Penutup


Mungkin segitu saja beberapa tips yang aku ketahui dan dapat aku bagikan kepada kamu semua, memang cara mengatasi masalah suara yang tidak terdengar/rusak pada game pc tersebut bisa beragam tergantung permasalahan yang dihadapi, akan tetapi jika kamu ingin mengerucutkan masalah tersebut berada pada hardware atau software tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana ciri-cirinya.

Ciri-ciri suara pada audio yang rusak bisa kita trace sendiri melalui sebuah video atau lagu-lagu yang kita putar, jika speaker ataupun headphone dapat mendengarkan suara pada suara pada video atau lagu-lagu yang kita putar seperti biasa dan ketika kita ingin memainkan game lain yang lebih ringan dan suara pada game tersebut terdengar maka kemungkinan besar game pc yang bermasalah pada audio suaranya bisa saja dari software, nah jika sudah kamu krucutkan pada software alias pada driver tentu kamu dapat mencari penyebabnya lebih mudah sehingga kamu mengetahui apa yang salah dan kurang, jadi semoga tutorial ini membantu kamu.