0
Home  ›  Software  ›  Tutorial

Tutorial Cara Menghapus File Sisa Atau File Residu Dari Software Yang Pernah Terinstall Pada Komputer

Uninstalling atau mencopot pemasangan adalah sebuah fitur yang bisa kamu gunakan pada sebuah teknologi seperti smartphone atau komputer, mencopot pemasangan aplikasi berarti mencopot atau menghapus aplikasi yang ada di smartphone kita, bedanya hal ini dilakukan di komputer dan tentu saja yang dicopot bukanlah aplikasi jika program yang terinstal di komputer, melainkan perangkat lunak.


Software sendiri bersifat abadi, kamu bisa dengan mudah mengunduh software-software tersebut di internet, kamu bisa mencobanya satu persatu sesuai dengan software yang sudah kamu unduh dan install, nah jika kamu tidak menginginkan software tersebut kamu bisa meng-uninstall atau menghapus software tersebut di komputer.

Tujuan dari menghapus software ini adalah agar ukuran atau kapasitas drive alias partisi kamu menjadi lebih ringan dari sebelumnya, namun beberapa file tidak bisa di uninstall, walaupun bisa di uninstall atau dihapus file sisa dari software yang sudah terinstal di komputer bisa meninggalkan bekas atau jejak, nah jejak-jejak ini perlahan akan menumpuk menjadi sampah seiring kita selalu melakukan trik uninstal atau menghapus software dari komputer.

Nah di bawah ini aku sudah memiliki cara yang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk menghapus file sisa atau file residu dari software yang sudah terinstal di komputer, nah bagaimana tutorialnya? langsung saja ikuti tutorial kali ini :

Tutorial:

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu telah download filesnya disini terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, ekstrak file yang telah kamu download.
  3. Setelah itu Install program "RevoUninProSetup" seperti biasa.
  4. Nah disini selebihnya ikuti file "INSTRUKSI" yang sudah aku sisipkan pada program untuk melakukan proses instalasi selanjutnya (ikuti sampai prosesnya selesai ya guys).Jika sudah, sekarang buka program shortcut yang ada di desktop.
  5. Nah jika sudah selesai menginstall maka disini jalankan program Revo Uninstallernya pada desktop.
  6. Disini carilah program yang ingin kamu uninstall, jadi usahakan kamu tidak menginstall program/software secara sembarangan ya guys, lihat baik-baik programnya.
  7. Jika sudah click sekali program tersebut agar ter-select berwarna biru.



  8. Nah setelah itu tekan tombol "Uninstall" yang aku tandai tersebut.



  9. Jika sudah maka disini centang ke 3 kotak centang tersebut.



  10. Setelah itu tekan tombol "Continue".



  11. Nah sekarang programnya mulai pada tahap membuat restore point, restorepoint ini berfungsi agar jika sewaktu-waktu pada saat program yang kamu uninstall malah menjadi masalah untuk system windowsmu entah ada error dan sejenisnya, maka kamu dapat melakuan restore point kembali sebelum program tersebut ter-uninstall, nah setelah proses restore point ini selesai, maka program akan mulai membackup registry milikmu, nah setelah itu program akan melakukan prosesi uninstall.



  12. Biasanya program yang di uninstall memiliki uninstaller bawaan, jadi disini ketika uninstaller bawaan tersebut muncul, maka selesaikan tahap uninstalasi dengan mengeclick tombol "Next" atau "Yes" hingga "Finish" pada uninstaller bawaan tersebut.



  13. Nah jika sudah maka harusnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini, disini click tanda yang aku berikan nomor 1 tersebut, lalu centang kotak centang yang aku tandai nomor 2 tersebut, nah setelah itu click tombol "Scan" tersebut.



  14. Nah disini program Revo Uninstaller sekal ilagi akan men-scanning files sisa atau files residu yang tertinggal, disini tunggu hingga prosesnya selesai.



  15. Nah jika sudah selesai maka harusnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini, nah gambar dibawah ini merupakan beberapa file sisa yang didapat dan telah dihapus.



  16. Jika sudah maka enjoy.

Mungkin itu saja tutorial sederhana dari aku, mengingat tutorial ini dapat kamu terapkan jika kamu bosan dengan aplikasi atau software sebelumnya yang terinstal di laptop atau komputer milikmu, maka gunakanlah tutorial diatas ini.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS