0
Home  ›  Tutorial

Tutorial Cara Menghapus File Atau Folder Secara Permanen Tanpa Bisa Di Kembalikan (Recovery) Pada Komputer

Jika kamu memiliki laptop maupun komputer yang mungkin akan dijual kedepannya, kamu mungkin memerlukan tutorial yang satu ini agar files penting yang ada didalam folder milikmu terhapus secara permanen tanpa bisa dikembalikan lagi.

Nah kenapa itu harus dilakukan ? ya bayangkan saja jika kamu masih memiliki files tersisa pada laptop maupun komputer milikmu, oke jika kamu sudah menghapusnya dengan fitur install ulang, akan tetapi apakah si pihak pembeli nanti tidak mencari tau apa saja files-files lama yang pernah tersimpan pada laptop maupun komputer yang telah dibeli dari kamu tersebut.


Ya tentu saja bisa berabe sekali bukan jika si pembeli tiba-tiba menarik files lama yang seharusnya telah dihapus dan bahkan didapatkan secara utuh kembali files-files aib yang dimiliki tersebut menggunakan metode software recovery atau lewat piringan harrdisk yang dikerik ? 

Nah jadi untuk mencegah hal tersebut, disini aku sudah memberikan sebuah tutorial bagaimana caranya untuk menghapus file maupun folder secara permanen tanpa busa dikembalikan seperti semula.

Nah bagaimanakah tutorialnya ? langsung saja ikuti tutorialnya kali ini :

Tutorial:

  1. Pada langkah pertama ini pastikan kamu telah mendownload softwarenya disini terlebih dahulu.
  2. Jika sudah selesai mendownload maka sekarang extract files yang telah download tersebut.
  3. Nah disini bukalah files word "INSTRUKSI" untuk melihat bagaimana cara menginstall softwarenya.
  4. Nah jika sudah menginstall softwarenya, sekarang pastikan kamu sudah mengumpulkan seluruh files yang ingin kamu hapus didalam satu folder, jadi kumpulkan semua files yang ingin kamu hapus tersebut lalu pastekan kedalam satu folder, kalau filesnya berada pada partisi atau drive yang berbeda gimana bang ? ya kamu bisa pakai metode "Cut" untuk mengambilnya lalu menempatkannya pada folder yang telah kamu buat tersebut, jangan pakai metode copy untuk memindahkannya ya guys, nanti malah files aslinya yang mau dihapus tidak hilang.
  5. Setelah itu alankan softwarenya dengan mengeclick shortcutnya pada desktop.
  6. Nah disini pada halamannya, click tombol "Add" yang aku tandai kotak warna hijau tersebut.


  7. Disini akan muncul 2 menu, disini pastikan kamu memiliki files atau folder, jika kamu ingin menghapus folder maka pilih "Folder", jika kamu ingin menghapus files saja maka pilih "Files".


  8. Nah jika sudah maka akan muncul kotak tabel pencarian, disini carilah files atapun folder sesuai dengan yang kamu pilih tadi.
  9. Nah setelah itu click sekali files ataupun folder yang kamu pilih tersebut agar terblock berwarna biru lalu pilih "Add Folder"


  10. Nah disini jika sudah maka click tombol "Erase Now" berwarna biru pojok kanan bawah tersebut.


  11. Nah disini akan muncul kotak tabel pemberitahuan, disini click tombol "Continue".


  12. Nah pada tahap ini tunggu proses penghapusan folder tersebut secara permanen.


  13. Jika sudah maka harusnya akan terlihat bahwa folder telah selesai terhapus secara permanen.


  14. Jika sudah maka enjoy.

Nah jadi mulai saat ini, ketika kamu ingin menjual laptop maupun komputer milikmu, pastikan kamu menghapus files-files yang kamu miliki secara permanen agar para konsumen tidak menarik files-files penting yang pernah kamu hapus tersebut dan menyalahgunakannya.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS