0
Home  ›  Software  ›  Tutorial

Tutorial Cara Membuat Subtitle Tanpa Mengatur Pengatur Waktu Dengan Mudah

Pernahkah kamu membuat subtitle untuk film favorit kamu ? Namun saat kamu membuatnya kamu malah merasa bosan karena kamu harus bekerja ekstra dimana kamu harus menerjemahkan apa yang mereka (karakter) ucapkan, ditambah lagi kamu harus mengatur timing yang tepat, tidak boleh terpeleset atau lambat atau terlalu cepat sekali, semuanya harus dalam takaran yang pas.

Nah tentu saja hal tersebut akan sangat-sangat membosankan, belum lagi kualitasnya akan berangsur-angsur menurun jika rasa bosan mulai menghantui, nah kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ?

Mungkin kamu harus mengucapkan selamat tinggal pada software jadul yang kamu gunakan untuk menerjemahkan film, dan ucapkan selamat datang pada software masa depan yang dapat menghemat waktu kamu dalam menambahkan subtitle.

Karena software ini menggunakan metode soundwave untuk mengatur subtitle, jadi tentu saja kamu dapat melihat suara yang terdengar nantinya dan kamu dapat mengatur subtitle dengan lebih leluasa dibandingkan kamu harus menebak-nebak timing yang tepat dalam membuat subtitle.

Nah pada kesempatan kali ini aku akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat subtitle tanpa mengatur timer atau waktu? baiklah tanpa basa-basi lagi mari kita bahas kali ini :  

Tutorial :

  1. Pertama-tama download softwarenya disini.
  2. Jika sudah, sekarang instal software yang telah kamu download seperti biasa.
  3. Nah jika sudah selesai di install, sekarang jalankan software tersebut, biasanya akan ada shortcut di desktop jika software tersebut sudah selesai di install.
  4. Nah pada program subtitle ini, disini kamu harus memasukkan video yang ingin kamu jadikan subtitle terlebih dahulu, nah caranya adalah dengan pergi ke menu "Video" setelah itu click opsi "Open Video File" yang ada di menu subtitle ini.


  5. Nah selanjutnya akan ada kotak tabel yang muncul, sekarang cari video yang ingin kamu isi subtitle lalu click sekali sehingga diblok dengan warna biru.
  6. Jika sudah click sekali video yang ingin kamu isi subtitle, lalu click tombol "Open".


  7. Sekarang kamu akan melihat di bawah kotak pemutar video, akan ada kotak tabel berwarna hitam dengan tulisan "Click to add waverform", click kotak hitam yang berisi teks tersebut. 


  8. Sekarang di sini, tunggu sampai proses ekstraksi audio selesai.


  9. Jika sudah, seharusnya kamu akan mendapatkan gelombang audio dari video yang sudah kamu input tadi. 


  10. Jika sudah, click kotak textbox yang besar tersebut, maka dialog pertama akan muncul, sehingga kamu bisa langsung mengetiknya.  


  11. Nah disini tuliskan kata-kata yang didengar pertama kali pada kotak audio wave, jika sudah maka pada audio wave atur yang aku tandai.
  12. Nah jadi yang aku tandai ini sebenarnya adalah dialog atau subtile yang kamu buat tadi, nah tanda merah yang agak transparan di audio wave itu sebagai penanda untuk subtitle, jadi kamu tinggal atur saja supaya pas, nah jadi ketika audio wave yang berbunyi pertama kali akan menyesuaikan dengan subtitle dan akhirnya lebih bagus karena timingnya pas.


  13. Nah jika sudah selesai mengatur subtitle yang pertama, nah jika kamu ingin membuat subtitle dialog yang kedua dan seterusnya, kamu hanya perlu klik subtitle dialog yang pertama agar diblok terlebih dahulu, kemudian tekan tombol "CTRL+C" untuk mengcopynya, setelah itu tekan "CTRL+V" untuk menempelkannya. 


  14. Nah disini kamu bisa mengganti teks sesuai dengan audio dialog kedua, jika sudah maka kamu tinggal mengaturnya pada audiowave agar timing muncul dan selesai tepat.

Mungkin hanya itu saja tutorial yang dapat aku sampaikan, bagi Anda yang merasa terbantu Anda dapat membagikan tutorial ini kepada teman atau saudara Anda yang membutuhkan.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS