0
Home  ›  Software  ›  Tutorial

Tutorial Cara Membuat Subtitle Hardsub Pada Video 100% BERHASIL !!!

Hardsub adalah subtitle yang dibuat dengan cara menempelkannya langsung pada video, jadi bisa dibilang, hardsub adalah subtitle yang tidak bisa dihapus alias permanen pada video.

Hardsub sendiri biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin video yang mereka terjemahkan tidak kehilangan subtitle-nya (setidaknya lebih praktis, karena subtitle dan video tidak akan diupload secara terpisah, dan juga para pengunduh tidak perlu mendownload subtitle dari luar video.



Hanya saja beberapa kekurangan dari hardsub adalah, kamu tidak bisa mengubah teks atau warna atau apapun dari hardsub tersebut dimana jika ada kata atau kalimat yang salah dan setelah kamu membuat hardsub pada video tersebut, kamu tidak bisa menghapusnya, karena jenis hardsub bukan softsub yang bisa kamu hapus dengan mudah dari video yang menggunakan subtitle tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini, aku akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat hardsub pada video yang sudah di translate, nah bagaimana tutorialnya? langsung saja ikuti tutorial kali ini :

Tutorial:

  1. Pada langkah pertama ini, pastikan kamu mengunduh terlebih dahulu disini.
  2. Jika sudah, sekarang install softwarenya terlebih dahulu (Jika kamu melihat notifikasi seperti yang ditunjukkan di bawah ini saat menginstal perangkat lunak, klik tombol "I PREFER LIMITED USE").


  3. Jadi sekarang kamu dapat menggunakan edit subtitle untuk membuat subtitle (jika kamu tidak tahu cara membuat subtitle di edit subtitle, klik disini untuk melihat langkah demi langkah).
  4. Sekarang jika sudah buka program format factory yang telah kamu install tersebut.


  5. Format factory ini berfungsi untuk menggabungkan subtitle yang dibuat di subtitle edit ke video yang dibuat subtitle ke dalam bentuk hardsub, ingat ya guys, ke dalam bentuk hardsub.
  6. Disini klik Simbol MP4 yang aku beri tanda kotak warna hitam tersebut.


  7. Setelah itu klik tombol "Add Files"


  8. Nah disini akan muncul kotak tabel pencarian, nah cari video yang ingin kalian buat hardsubnya, jika sudah ketemu maka klik sekali pada video tersebut sehingga terblock berwarna biru.
  9. Setelah itu klik tombol "Open".


  10. Setelah kamu memasukkan video yang ingin kamu gabungkan dengan subtitle, sekarang tinggal subtitle-nya saja.
  11. Di sini klik tombol "Output Settings" yang sudah aku tandai.


  12. Disini masuk ke menu "Subtitle".


  13. Nah jika kamu sudah berada di menu subtitle, klik ruang kosong tepat di tempat yang sudah aku tandai tadi sampai muncul ikon folder. 


  14. Maka akan muncul kotak tabel pencarian subtitle, nah disini cari subtitle yang sudah kamu buat tadi di edit subtitle, di mana kamu menyimpannya.
  15. Jika sudah ketemu maka seperti langkah input video sebelumnya, klik subtitle tersebut satu kali agar terhalang kemudian klik tombol "Open"


  16. Nah jika sudah, seharusnya subtitle sudah terinput.
  17. Nah disini kamu bisa mengganti warna subtitle atau mengedit gaya font subtitle dan lainnya, nah sudah aku tulis di bawah ini penjelasan beberapa pengaturan mengenai fontnya. 


  18. Sekarang jika kamu  sudah dalam proses pengeditan, kamu dapat mengklik tombol "OK".
  19. Di sini klik tombol "Ok" sekali lagi.


  20. Nah disini klik tombol "Start" yang aku tandai untuk memulai proses penggabungan ke dalam hardsub.


  21. Sekarang tunggu sampai prosesnya berhasil / berjalan sampai selesai.
  22. Jika sudah, selamat menikmati.
  23. Sekarang kamu sudah memiliki video yang subtitle-nya tidak akan terhapus alias hardsub.

Sangat mudah bukan ? ya sangat sangat mudah, kamu tidak perlu lagi mendownload software dengan ukuran 700/1 GB hanya untuk melampirkan subtitle buatan kamu pada video yang kamu buat subtitle nya, cukup dengan 2 software di atas, kamu sudah cukup dan bisa membuat dan melampirkan subtitle pada hardsub.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS