0
Home  ›  Informasi

3 Cara Mencegah File Penting Hilang Secara Permanen

Jika kamu memiliki file-file penting seperti file dokumen, tentu file jenis ini sangat beresiko tinggi untuk hilang dari laptop, smartphone atau komputer kamu, karena bisa saja setiap bulannya perangkat yang kamu gunakan mengalami masalah yang tidak bisa diatasi, entah mungkin tidak sengaja terhapus, terhapus karena virus, tidak sengaja tidak melakukan backup file penting tersebut dan lain-lain. 

Nah mungkin mau tidak mau kamu harus mencari cara agar file-file penting yang kamu miliki tidak hilang terus menerus, mungkin bisa kamu bayangkan jika file penting tersebut terhapus dan tidak ada file duplikatnya, mau tidak mau kamu pasti ingin mencari cara bagaimana caranya agar file penting tersebut tidak hilang secara permanen, entah itu karena ulah kamu sendiri atau teman kamu, entah itu karena virus atau tidak sengaja.

Source : freepik.com/Atlascompany

Sebenarnya ada 3 cara yang kamu ketahui, dan mungkin 3 cara ini juga kamu ketahui, karena biasanya kamu gunakan untuk mengamankan file-file penting kamu sampai detik ini dengan ini, jadi apa saja? tanpa basa-basi lagi mari kita mulai :

1. Menyimpan File di Harddisk, SSD, Kartu Memori, Flashdisk, DVD/CD Disc Eksternal


Nah jadi saran kamu yang pertama adalah, kamu bisa menyimpan semua file tersebut ke perangkat keras eksternal, perangkat keras eksternal ini sebenarnya bukan perangkat keras yang terpasang di perangkat milikmu, entah itu HDD/SD/Internal Storage yang ada di dalam ponsel, tetapi kamu harus membeli beberapa nama tempat penyimpanan yang sudah kamu ceritakan.

Kamu tidak harus menggunakan semua perangkat keras penyimpanan tersebut, jadi kamu sarankan untuk memilih salah satu saja yang memiliki ukuran besar, fleksibel dan tahan lama agar file yang ada di dalamnya tidak rusak ketika suatu saat kamu buka atau jalankan.

2. Menyimpan di Penyimpanan Cloud


Jika kamu mengenal website file hosting seperti google drive, one drive, dropbox, safefileku, krakenfiles dan lainnya, nah itu adalah website file hosting yang bisa kamu gunakan, dimana fungsi-fungsi yang ada di website file hosting tersebut bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file-file penting yang kamu miliki.

Jadi tempat penyimpanan ini merupakan tempat penyimpanan digital alias cloud, dimana kamu tidak perlu lagi membeli HDD/SD dan semacamnya karena kamu hanya perlu membuka website tersebut lalu mengupload file-file penting disana, namun jika kamu menginginkan penyimpanan tambahan maka kamu bisa membeli storage dengan cara menyewanya setiap bulannya, tentu saja keamanan dari file-file kamu akan sangat terjaga.

3. Menyimpan Menggunakan Metode Cetak


Cara yang ke-3 ini adalah cara yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin menyimpannya namun tidak ingin menggunakan 2 cara di atas, nah cara ini bisa kamu gunakan jika kamu memiliki file dokumen saja karena cara ini mengharuskan kamu untuk mengubah file dokumen digital menjadi file dokumen fisik seperti mencetak.

Hal ini dapat kamu lakukan jika kamu ingin menyimpan file dokumen tersebut dan nantinya jika kamu membutuhkannya dan kamu memiliki file teks fisik aslinya.

Jika kamu ingin mengubahnya menjadi teks digital lagi, kamu bisa menggunakan websitenya ini dimana fungsi dari website ini adalah, mengubah gambar menjadi teks, jadi kamu bisa melakukan proses foto atau scan terlebih dahulu pada file dokumen fisik kamu, kemudian kamu bisa menginputkan hasil scan gambar dari file dokumen tersebut menjadi file digital melalui website tersebut.

Demikianlah 3 tindakan pencegahan yang bisa kamu berikan kepada kamu agar file-file penting tidak hilang secara permanen, dan terima kasih juga kepada kamu yang sudah membaca sampai akhir informasi ini.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS