0
Home  ›  Informasi

Kenapa Website Bajakan Memakai Domain Nomor IP Address ?

Website bajakan atau website ilegal merupakan sebuah website yang dibuat diluar aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak berwenang dalam kasus ini ialah pihak cyber pemerintah itu sendiri.

Bagi kamu yang belum mengerti, begini akan aku jelaskan sedikit, jika kamu pernah melihat situs-situs seperti pada gambar dibawah ini tentu saja kamu bisa mengetahui dari nama domainnya bahwa situs-situs tersebut sangat ama illegal bukan? akan tetapi kenapa situs seperti pada gambar dibawah ini malah memakai nama domain yang sulit sekali dingat? seperti sekumpulan angka membentuk IP address.


Nah dibawah ini aku akan menjelaskan kenapa website-website bajakan tersebut menggunakan domain yang sulit di ingat seperti nomor IP address (contoh : 170.64.179) sebuah komputer atau device, nah apa saja kah itu? langsung saja kita bahas bersama dibawah ini :

1. Domain Lama Sudah Terdeteksi Oleh Hacker Pemerintah


Ketika domain lama sudah sering dideteksi oleh pihak pemerintah maka tentu saja pihak pemilik website bajakan ini tidak mau mengalah, jadi mereka memutar otak bagaimana caranya agar website pemerintah tersebut sulit melacak website-website illegal yang sudah mereka bangun itu.

Jadi jangan heran jika misalnya nama domain hari ini  172.16.254.1  maka besok bisa saja berubah menjadi 172.17.244.1, tujuan perubahan ini ialah agar pihak pemerintah tidak mengetahui website awalnya mengarah ke domain apa, jadi meskipun angka domain awal 172.16.254.1 di blacklist, bukan berarti seluruh data pada domain 172.16.254.1 sudah menghilang, datanya masih ada, hanya saja si pemilik memindahkannya ke 172.17.244.1

2. Agar Tak Ada yang Iseng


Metode DDOS attack biasanya dipakai untuk menyerang sebuah website tertentu dan faktanya sebagian besar website dengan tingkat keamanan yang rendah ternyata bisa dengan mudah diserang oleh orang-orang iseng.

Dengan mengganti domain beberapa bulan sekali maka website akan terhindar dari serangan-serangan iseng dari orang-orang yang ingin menjatuhkan website tersebut.

Bayangkan saja ketika ada seseorang yang mulai menyerang website bajakan itu, hanya butuh waktu sekitar sejam saja maka website tersebut akan hangus, dan yang tersisa hanya cache-cache dari website tersebut saja yang masih menempel.

Jadi menurutku memang website bajakan itu akan memakai metode domain yang sulit di ingat agar mereka dari serangan hacker iseng atau orang-orang yang iri akan kesuksesan website mereka.

3. Agar Sulit Dideteksi Pemerintah


Poin ini hampir sama seperti poin pertama, dimana pemerintah ingin semua website bajakan dihapus secara permanen, nah fakta dilapangan berkata lain dimana itu tidak bisa dengan mudah terjadi, karena mereka memakai system IP address untuk membuat nama domain tersebut, dan nama domain itu akan terganti setiap pemerintah berhasil me-lock domain awal, tentu saja itu sangat amat sulit.

Jadi mau memakai cara apapun (pihak pemerintah), mereka hanya dapat mengekor dibelakang saja kecuali mereka ada niatan untuk menangkap oknum secara langsung dan dipidanakan, mungkin mereka bisa berhenti untuk membuat dan memaintenance website bajakan.

Penutup


Nah mungkin itu saja beberapa alasan kenapa website bajakan memakai domain nomor IP Address, sebenarnya memang teknik tersebut tidak salah, yang salah ialah type website yang telah mereka buat, yaitu website bajakan itu sendiri.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS