0
Home  ›  Tutorial

Cara Membuat Kualitas Suara Atau Audio Menjadi Jernih Saat Direkam Di Komputer 100% BERHASIL!!!

Jika kamu suka membuat konten YouTube, mungkin seperti konten gaming, storytelling atau ilmu pengetahuan, tentu suara yang dihasilkan dari mic yang kamu miliki harus lebih baik dan tidak ada noise yang mengganggu, nah jika kamu membeli mic dengan kualitas rendah, tentu saja akan lebih baik. masalah. masalah. Kenapa? karena kualitas mic yang digunakan untuk menangkap suara sekitar akan terlalu keras. dan tidak akan bagus atau baik untuk kamu gunakan.


Coba bayangkan, ketika kamu merekam suara kamu , tiba-tiba terdengar suara aneh seperti suara nafasmu, kemudian suara motor atau mobil (jika rumah kamu dekat dengan jalan yang lalu lintasnya padat). suara tetangga atau orang di luar yang mungkin banyak dan sedang beradu mulut, tentu saja rekaman audio yang sudah susah payah kamu abadikan tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan, efeknya kualitas rekaman audio tersebut menjadi kurang bagus dan tidak bisa kamu gunakan.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan memberikan tips sederhana mengenai cara membuat suara mikrofon kamu terdengar lebih merdu dan bagus. Jadi, perhatikan baik-baik tips yang akan aku berikan.

1. Beli dbE GM190 7.1 Headphone Gaming


Jadi disini aku tidak sedang mempromosikan merek headphone gaming tertentu, sebenarnya kenapa aku bilang kalian harus membeli merek headphone gaming yang aku ceritakan ini, karena aku sendiri sudah mencobanya dan membuktikannya. Mungkin harganya terlalu mahal untuk kalian yang baru memulai, namun jika kalian memang berniat untuk membuat konten, tentu saja headphone gaming ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Tidak hanya dibekali dengan suara yang jernih saat kita mendengarkan lagu atau musik maupun saat bermain game. Kita juga bisa menggunakan fitur Mic pada headphone ini. Sangat-sangat terjangkau. harganya masih berkisar 210 ribuan dan kualitasnya tidak kalah dengan mic pada umumnya.

2. Beli Spons Filter


Beli 2 buah sponge filter, lalu siapkan karet gelang atau apapun, intinya karet, lalu tempelkan sedikit demi sedikit sponge filter tersebut ke dalam mic agar tidak ada celah bagi udara untuk masuk.




Kemudian gunakan Sponge Filter yang satunya lagi dan tarik sedikit hingga Sponge Filter mengerucut dan membuat mic menjepit mic, hal ini berguna agar udara tidak bocor masuk ke dalam mic dan suara nafas kamu tidak mudah terekam.

3. Gunakan Software Movavi Screen Recorder


Ya sejauh ini aku masih menggunakan Movavi Screen Recorder untuk merekam audio, aku belum pernah menggunakan Audacity atau Adobe Audition CC, aku belum pernah karena kebanyakan produk Adobe sangat berat, dan untuk Audacity beda lagi, aku pernah mencobanya dan menurut aku terlalu ribet, aku tidak bisa menggunakannya karena banyak sekali menu yang ada di audacity.


Nah tentu saja aku mencari software untuk menggantikan Adobe Audition CC, dan akhirnya aku mendapatkan sebuah software bernama Movavi Screen Recorder.

Jadi, Movavi Screen Recorder ini mampu merekam layar sekaligus merekam audio pada mikrofon. jadi kalian bisa merekam layar laptop atau komputer kalian beserta audionya ATAU kalian bisa langsung merekam suara atau audionya saja dari mic kalian, software ini juga dilengkapi dengan Noice Reduction yang lebih efektif.



Nah, mungkin itu saja tips yang aku ketahui, sebenarnya kamu tidak perlu membeli mikrofon seharga 700 ribu atau bahkan jutaan untuk menghasilkan suara yang bagus dimana uang yang kamu miliki tidak mencapai angka tersebut. 

Dan aku juga tidak menyertakan soundcard dalam cara ini, nah untuk software ini sendiri kalian bisa langsung mendownloadnya di website resminya, atau disini jika kalian ingin mencoba versi trial. Tentu saja software ini tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Cukup menggunakan Intel Celeron atau AMD E2, maka software ini sudah bisa dijalankan dengan mudah.

Dengan tutorial ini, kamu dapat dengan mudah membuat kualitas audio yang kamu rekam menggunakan mikrofon bawaan headphone menjadi lebih jernih, tentunya cara di atas dapat membuat suara/kebisingan di sekitar menjadi sedikit berkurang, semoga bermanfaat.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS