0
Home  ›  Informasi

Apa Itu CRACK/KEYGEN/PATCH/Hook Pada Dunia Pembajakan Software


Mungkin ada beberapa dari kamu semua yang ingin mengetahui apa itu crack, keygen, patch dan lainnya, nah pada artikel kali ini aku akan membahas semua yang berkaitan tentang itu.

Jadi tentu saja bagi kamu yang ingin mengetahuinya kamu bisa melihat penjelasannya dibawah ini, aku harap ini sangat berguna untuk kamu.

1. Apa itu Crack?

  • Crack secara singkat dapat diartikan sebagai sebuah files asli yang berhasil dirobek/dihancurkan dan dibangun ulang dengan system pemrograman atau files yang berhasil diedit dari Software yang ingin di aktivasi.  Crack sendiri menambahkan beberapa kode string didalam files yang diedit. Jadi tentu saja ini ilegal karena kamu mengedit files asli agar fitur yang ada didalam Software tersebut yang harusnya kamu berbayar untuk mendapatkannya malah menjadi gratis.

Cara kerja :

  • Biasanya Crack akan di copy lalu di paste secara manual ke folder data atau direktory dari software. . Itulah yang membedakan crack dengan yang lain.

2. Apa itu Keygen? 

  • Keygen merupakan sekumpulan Key yang didapat karena sudah membobol suatu produk Software yang bersangkutan dan memasukkan seluruh key tersebut kedalam sebuah tabel generator yang sengaja dibuat untuk mempermudah pengguna (user) yang memiliki keygen tersebut menggunakannya.

Cara kerja : 

  • Biasanya jika ingin menggunakannya. Software yang bersangkutan tetap dapat dijalankan berbarengan menggunakan keygen. Terdapat sebuah tombol "Generate" untuk membuat sebuah key dan biasanya berisi textbox untuk memasukkan "username/email". Itu dilakukan biasanya agar lebih terlihat professional.

3. Apa itu Patch? 

  • Patch sendiri merupakan sebuah program yang sudah dibuat sedemikian rupa. Dimana Patch sama seperti Crack karena Patch merupakan bagian dari crack itu sendiri hanya saja lebih otomatis. Jika Crack kamu harus memindahkan files Crack tersebut ke tempat folder data software tersebut berada secara manual. sedangkan Patch terkadang tidak perlu memindahkannya ke tempat folder data software. kamu dapat menjalankannya secara langsung dimanapun Patch tersebut berada. dan hanya dengan menekan tombol "Patch" yang sudah disediakan maka hasil Crack akan langsung ter-transfer ke tempat folder data yang telah di patch tersebut berada. 
Cara kerja :

  • Kamu dapat menggunakan Patch dengan mudah, hanya sekali click maka Software yang akan terpatch tersebut menjadi Full versi, akan tetapi ada beberapa Patch yang mana harus mengisikan username/email. kembali lagi itu tergantung pembuatnya

4. Apa itu Reg Key? 

  • REG Key atau yang bisa kita kenal sebagai registry Key. Merupakan sebuah files registry yang sudah di edit sedemikian rupa dengan menambahkan sebuah string Code pada files tersebut Jadi ini lebih simple dari Patch, kamu dapat membuka files Reg Key dari manapun, entah kamu membukanya dari Drive D: atau partisi C: itu sama saja. 

Cara kerja :

  • Hanya tinggal dibuka dengan double click. Ketika ada pemberitahuan maka tinggal click ok maka secara otomatis code string pada files reg key tersebut akan mengubah isi files reg yang asli yang sudah tertanam dibackground windows.

5. Apa itu License Key/Serial Number/Serial Key/Registration Code? 

  • License Key Sendiri itu hampir sama seperti crack, hanya saja biasanya license ini didapat antara adanya pemodifan/ mencari dengan cara decompress software yang bersangkutan ke seluk beluk code, atau servernya. atau bisa juga dengan license key tersebut didapat dari program giveaway atau key istimewa. Jadi dapat digunakan lebih dari ratusan hingga ribuan laptop/Komputer. 
  • Perbedaan signifikan pada license key/serial Number /serial key/registration Key atau Code itu terletak pada panjang pendek angka serta adanya huruf pada karakter

Cara kerja :

  • Sama seperti membeli key asli/original. Tinggal dibuka Softwarenya. Lalu dimasukkan Key tersebut di halaman registrasi. 

6. Apa itu License File/Reg File/Serial File? 

  • Sama seperti license Key dan sejenisnya. hanya saja yang satu ini berbentuk sebuah files. Jadi ini bukan mentahan angka/huruf yang diberikan. Jadi biasanya di beberapa software biasanya mengijinkan kamu untuk memasukkan license file tersebut untuk mengaktivasi software tersebut, kita anggap saja sebagai antivirus avg, mereka menggunakan system license file sebagai salah satu metode aktivasinya.
Cara kerja :

  • Biasanya kamu hanya tinggal mencari dan memasukan/menginput license file lewat Software yang bersangkutan.

7. Apa itu Hook?

  • Hook merupakan sebuah program dari files *.dll yang dibuat untuk menggantikan files *.dll aslinya, dibeberapa software besar biasanya mereka menempatkan bukti atau hasil aktivasi ketika pengguna telah memasukan key atau license key pada program nah efek tersebut akan berpengaruh pada files *.dll, nah files *.dll inilah yang coba di manipulasi oleh orang yang tak bertanggung jawab dan membuat ribuan copy dari files*.dll hasil aktivasi dari program software yang bersangkutan.
Cara Kerja :
  • Sama seperti crack, files *.dll tersebut harus dipindahkan ke folder data target saja dan program langsung bisa dijalankan, biasanya efeknya akan terlihat bahwa software tersebut tiba-tiba saja teraktivasi.

Memang lebih mudah dengan adanya Full versi. tapi ketahuilah. program illegal akan sepenuhnya illegal karena kamu membuat pengembang kewalahan dengan caramu. kamu memang tak akan dilapor karena telah menggunakan program illegal pada laptop/komputermu. Tapi sebaliknya, para developer lah yang akan berhenti mengupdate versi terbaru dari software tersebut, Jadi kamu tidak akan menemukan fitur terbaik dari Software milik mereka lagi.

Tidak ada sisi positif yang kamu dapat dari menggunakan program illegal. Sebenarnya kamu masih dapat menggunakan program mereka tanpa harus menggunakan program illegal karena sebagian besar mereka memberikan trial mode/masa waktu gratis untuk mencoba. Jika ingin menggunakannya dahulu maka cobalah trial mode. Jika dirasa cocok untuk pekerjaanmu sehari-hari maka gunakanlah versi pro tersebut dengan cara membelinya. Membeli berarti kamu sudah mendukung developer untuk mengupdate Bug atau celah yang ada pada Software mereka. 

Dan juga. Crack. Patch. Keygen dan license key/serial Number dan sejenisnya itu dibuat berdasarkan string key/code yang diambil biasanya untuk membuat sebuah virus. para Cracker biasanya memberikan sebuah files/code yang disisipkan pada program illegal tersebut. 

Memang tujuan awal untuk membuat program ilegal bekerja secara normal dan kamu akan mendapatkan versi pro. Tapi di samping hal tersebut. Ada sebuah program yang akan sengaja berjalan dan mengintai setiap data pribadimu. Bahkan program program illegal  yang sudah ter-input tersebut dapat menjadi rawan pengambilan data pribadi. Dan rawannya tempat virus bersarang. Jadi jangan heran jika terkadang laltop/Komputer kamu tiba tiba ngeblank. Lalu ada bluescreen. Dan files /Internet Explorer tiba tiba berhenti pada laptop/Komputer kamu. 

Jadi. STOP!! menggunakan program ilegal dan beralih-lah ke program asli/originalnya. Meski mahal. Tapi setidaknya kamu aman dan terlindungi. Juga hitung hitung kamu bisa mensupport/mendukung pengembang dari Software tersebut agar terus melakukan pengembangan yang lebih Update terhadap Softwarenya. 
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS